Hasil Karya
Kegiatan Lomba KKN-PPM 2015
KKN Pandeglang
Kunjungan Unhan
Kunjungan Universitas Tidar Magelang

Ini Kata Bill Gates Soal Manusia Digantikan Robot

Tekno | 2015-04-27 17:20:23 | 466 Kali Dibaca

Robot yang menggantikan segala aspek kerja manusia, selama ini hanya sebuah cerita dari film fiksi ilmiah. Namun, hal itu bukan tak mungkin menjadi kenyataan.

Founder Microsoft Bill Gates khawatir hal tersebut akan jadi kenyataan suatu saat nanti. Pemicunya adalah tingkat kecerdasan buatan pada robot yang berkembang semakin pintar.

Pria yang dikenal dermawan itu sempat mengutarakan kekhawatiran terkait kecerdasan buatan pada robot melalui forum online Reddit.

"Saya termasuk orang yang khawatir pada Super Intelligence," ujarnya dalam sesi Ask Me Anything, seperti dikutip KompasTekno dari Recode, Selasa (24/3/2015).



"Pada awalnya, mesin akan melakukan banyak pekerjaan untuk kita dan (mesin itu) tidak harus super cerdas. Hal itu bisa jadi positif jika kita bisa mengaturnya dengan baik. Beberapa dekade setelah masa itu, kecerdasan buatan tersebut akan meningkat dan sudah cukup kuat untuk kita khawatirkan," kata Gates.

Dalam kesempatan berbeda, Gates juga mengungkap kekhawatirannya terhadap robot pada Recode. Menurut pria kelahiran Seattle ini ada dua model ancaman berbeda terkait kecerdasan buatan.

Skenario pertama yang ditakutkan Gates adalah penggantian tenaga kerja. Jika manusia sudah bisa digantikan sepenuhnya oleh mesin, maka pemilik modal tak perlu lagi mempekerjakan karyawan, dan ini bisa berarti tingkat kekayaan yang semakin timpang.

Pola semacam itu, misalnya, bisa dilihat dalam skala yang berbeda di Silicon Valley. Beberapa perusahaan rintisan digital menghasilkan uang banyak tanpa mempekerjakan banyak orang.

Namun yang dipermasalahkan Gates adalah soal kecepatannya. Perkembangan yang terlalu cepat artinya sebagian masyarakat mungkin belum siap menghadapinya.

Skenario kedua, adalah munculnya kecerdasan buatan yang jauh lebih cerdas dari manusia. Skenario ini tentunya mengandaikan bahwa jika kecerdasan buatan melampaui kecerdasan manusia, apa peranan manusia kemudian?

Dalam hal inilah Gates ingin berbincang dengan Elon Musk dan beberapa orang lain yang diketahuinya memiliki kekhawatiran yang sama dan telah mengalirkan dana mereka untuk mengatasinya. (Siapa Elon Musk? Baca di: Elon Musk, Sosok "Iron Man" di Dunia Nyata )

 

Sumber: Recode / (Kompas Tekno)
Editor: Wicak Hidayat

Login